Selasa, 04 Maret 2014

Cara Mengenali Kosmetik yang Berbahaya

Setelah beberapa hari yang lalu sempat membahas kosmetika yang berbahaya dan beredar disekitar kita, alangkah lebih baiknya kita bersama-sama mengenal ciri-ciri dari produk berbahaya tersebut. Mengenali produk kosmetik berbahan dasar kimia memang susah- susah gampang. Terdapat ratusan atau bahkan ribuan produk kecantikan yang beredar di pasaran dan malangnya, tidak semua konsumen bersikap jeli dalam menelaah mana kosmetik yang aman dan mana yang tidak. Melakukan kesalahan dalam pemilihan kosmetik dapat berakibat fatal bagi Anda seperti kerusakan jaringan kulit, stimulasi pertumbungan sel kanker dan efek- efek negatif lainnya. Secara keseluruhan, kosmetik berbahan dasar merkuri dapat dikenali dengan cara melihat warna dan tekstur nya. Jika Anda cermat, Anda pun bisa memilih produk kosmetika yang aman dan bebas dari bahan kimia. Berikut ciri- ciri kosmetik berbahaya berbahan dasar merkuri dan pewarna tekstil.
1. Memiliki Tekstur yang Lengket
Beberapa produk kosmetik berbahaya umumnya berbahan dasar merkuri yang dicampurkan dengan bedak dingin agar terlihat lebih encer sehingga terkadang tekstur nya sedikit lebih lengket dari krim kosmetika biasa.
2. Terasa Gatal dan Panas
Jika Anda perhatikan, produk kosmetik berbahan dasar kimia umumnya terasa gatal ketika digunakan. Apabila digunakan pada kulit lengan akan terasa gatal dan panas. Bahkan jika digunakan secara terus- menerus akan menyebabkan kulit Anda terlihat pucat, memerah dan bahkan gosong disertai pengelupasan kulit secara terus menerus. Selain itu, warna kulit juga akan berubah drastis dalam 1 minggu. Anda akan mendapatkan kulit putih hanya dalam 1 minggu namun disertai dengan pengelupasan berulang dan rasa perih yang hebat di sekitar wajah.
3. Kerusakan Kulit
Selain perubahan kulit yang menjadi putih secara signifikan, lapisan kulit epidermis Anda akan rusak dan tidak akan timbul jerawat sama sekali. Hal ini disebabkan karena kapasitas protein dan melanin pada kulit Anda sudah semakin menipis sehingga sudah tidak mampu lagi melindungi dari radiasi matahari secara langsung. Oleh sebab nya, mikroba pemicu jerwat sudah tidak mampu lagi berkembang sebab kulit Anda sudah tercemar bahan kimia dan suhu kulit sudah tidak senormal dulu.
4. Kulit Biasanya Berwarna Putih Pucat, Bukan Putih Merona
Sangat tampak perbedaan seseorang dengan kulit putih asli dengan kulit putih karena kosmetik buatan. Kosmetik bermerkuri akan memberikan hasil yang instan pada kulit Anda namun bukan kulit putih merona yang akan Anda dapatkan melainkan putih pucat memerah seperti daging babi rebus.

Baiklah ladies, setelah membaca arikel diatas teliti masing- masing produk kosmetik yang ladies pakai. Setelah itu ingat-ingat kembali efek dari pemakaian produk tersebut seperti apa. Jika ada kemiripan dari cirri-ciri yan telah dijelaskan diatas, harap hati-hati ya ladies. Ingat kata pepatah lebih baik terlambat  pada tidak sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar